Selasa, 24 April 2012

Menghitung Luas Bangunan Pada Java menggunakan Class dan Enumerasi

Class dan Enumerasi untuk menghitung luas bangunan
Berikut Source Code nya

/**
 * @(#)enumluasbangunan.java
 *
 * enumluasbangunan application
 *
 * @author
 * @version 1.00 2012/4/24
 */

package myprojects.kelas;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.util.Scanner;
   
class segitiga
{
    Scanner reinert=new Scanner(System.in);
    float a,t;
    float L;
        void input()
            {
                System.out.print("luas segitiga");System.out.println();
                System.out.print("masukkan a= ");  a=reinert.nextFloat();
                System.out.print("masukkan t= ");  t=reinert.nextFloat();
            };
        void output()
            {
                System.out.print("luas= "+(a*t/2));
            };
};

class bujur_sangkar
{
    Scanner reinert=new Scanner(System.in);
    float s;
    float L;
        void input()
            {
                System.out.print("luas bujur sangkar");System.out.println();
                System.out.print("masukkan s= "); s=reinert.nextFloat();
            };
        void output()
            {
                System.out.print("luas= "+(s*s));
            };
};

class lingkaran
{
    Scanner reinert=new Scanner(System.in);
    float jari_jari;
    float L;
        void input()
            {
                System.out.print("luas lingkaran");System.out.println();
                System.out.print("masukan jari-jari= ");jari_jari=reinert.nextFloat();
            };
        void output()
            {
                System.out.print("Luas= "+(3.14*jari_jari*jari_jari));
            };
};

class layang_layang
{
    Scanner reinert=new Scanner(System.in);
    float diagonal_1;
    float diagonal_2;
    float L;
        void input()
            {
                System.out.print("luas layang-layang");System.out.println();
                System.out.print("masukan diagonal 1= ");diagonal_1=reinert.nextFloat();
                System.out.print("masukan diagonal 2= ");diagonal_2=reinert.nextFloat();

            };
        void output()
            {
                System.out.print("Luas= "+(0.5*diagonal_1*diagonal_2));
            };
};

class jajar_genjang
{
    Scanner reinert=new Scanner(System.in);
    float alas;
    float tinggi;
    float L;
        void input()
            {
                System.out.print("luas jajar genjang");System.out.println();
                System.out.print("masukan alas= ");alas=reinert.nextFloat();
                System.out.print("masukan tinggi= ");tinggi=reinert.nextFloat();
            };
        void output()
            {
                System.out.print("Luas= "+(alas*tinggi));
            };
};

enum Bidang {segitiga1,bujur_sangkar2,lingkaran3,layang_layang4,jajar_genjang5}
public class enumluasbangunan {
  
    public static void main(String[] args) {
    Bidang datar;
   
        datar=Bidang.segitiga1;
       
        Scanner reinert=new Scanner(System.in);
        segitiga bangunan=new segitiga();
        bujur_sangkar ruang=new bujur_sangkar();
        lingkaran dasar=new lingkaran();
        layang_layang plastik=new layang_layang();
        jajar_genjang sejajar=new jajar_genjang();
              
System.out.print("               PROGRAM MENGHITUNG LUAS BANGUNAN MENGGUNAKAN CLASS          ");
System.out.println();
System.out.print("1. menghitung luas segitiga");System.out.println();
System.out.print("2. menghitung luas bujur sangkar");System.out.println();
System.out.print("3. menghitung luas lingkaran");System.out.println();
System.out.print("4. menghitung luas layang-layang");System.out.println();
System.out.print("5. menghitung luas jajar genjang");System.out.println();
System.out.print("masukkan pilihan anda= ");System.out.println();
int pil=reinert.nextInt();
if(pil==1)
{
    datar=Bidang.segitiga1;
}else if(pil==2)
    {
        datar=Bidang.bujur_sangkar2;   
    }
    else if(pil==3)
        {
            datar=Bidang.lingkaran3;
        }
        else if(pil==4)
            {
                datar=Bidang.layang_layang4;
            }
            else if(pil==5)
                {
                    datar=Bidang.jajar_genjang5;
                }
switch(datar)
{
    case segitiga1:
    {
        bangunan.input();
        bangunan.output();break;   
    }
    case bujur_sangkar2:
    {
        ruang.input();
        ruang.output();break;
    }
    case lingkaran3:
    {
        dasar.input();
        dasar.output();break;
    }
    case layang_layang4:
    {
        plastik.input();
        plastik.output();break;
    }
    case jajar_genjang5:
    {
        sejajar.input();
        sejajar.output();break;
    }
}
    }
}
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar